Jumat, 24 Mei 2013

Mengatasi Stres Saat Bekerja


Mengalami stres saat bekerja adalah hal yang wajar. Namun, membiarkan perasaan tertekan ini berlangsung pada diri Anda tidaklah berdampak baik, untuk kesehatan maupun untuk masa depan karir Anda. Solusi untuk mengatasi stres adalah bukan pada di mana atau dengan siapa Anda bekerja, namun bagaimana pengendalian Anda pada emosi dan stres itu sendiri. Berikut langkah-langkahnya.

Menyadari rasa stres

Salah satu langkah ampuh menghadapi stres adalah dengan mengetahui apa sebab stres Anda dan bagaimana langkah penanggulangannya. Tanyakan pada diri Anda, apa saja hal yang memicu rasa kesal Anda saat bekerja? Dan, langkah apa yang cukup ampuh meredakan kekesalan itu? Bila faktor pemicu kemarahan masih sulit Anda dapatkan, ingatlah apa saja hal yang kerap Anda hindari saat bekerja. Umumnya, menghindar adalah salah satu cara seseorang menjauh dari sesuatu yang tidak disukainya.

Menjaga kesehatan
Kemampuan mengendalikan emosi tak lepas dari kualitas kesehatan yang baik. Maka dari itu, lakukan hal-hal kecil yang sangat mempengaruhi kesehatan Anda, yaitu istirahat cukup, mengontrol konsumsi makanan yang mengandung banyak gula, dan berolahraga. Tak perlu merasa terbebani dengan keharusan berolahraga. Karena, berjalan santai di pagi hari juga termasuk dalam usaha Anda menjadikan tubuh lebih bugar.

Mengontrol emosi

Orang yang memiliki gaya hidup sehat akan cenderung lebih mudah mengontrol emosi dan menjauhi amarah. Kontrol emosi Anda saat bekerja dan di tempat kerja, tarik nafas lebih dalam dan hembuskan secara teratur setiap emosi Anda terpicu dan amarah mulai Anda rasakan.

Lebih fokus pada pekerjaan

Terkadang, stres saat bekerja justru dipicu oleh hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dan kehidupan kantor Anda. Maka, saat bekerja, usahakan untuk tetap fokus pada kewajiban-kewajiban Anda di tempat kerja dan hindari mencampur adukkan permasalahan rumah dengan kantor dan sebaliknya.

Lebih banyak bersosialisasi

Buka mata dan telinga lebih lebar. Bisa jadi, ada banyak personel di kantor Anda yang ternyata memiliki kesamaan pemikiran sehingga dapat dijadikan teman berbagi rasa, yang tak terbatas hanya pada persoalan di tempat kerja. Dengan membuka diri dan memperluas pergaulan di tempat kerja, Anda memperkecil kemungkinan rasa stres menghampiri karena rutinitas kerja yang membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar