Sabtu, 25 Mei 2013

Langkah Memenangkan Negosiasi Gaji

Negosiasi gaji adalah tahapan saat Anda sudah berhasil melewati proses wawancara kerja. Menegosiasikan gaji menjadi penting terutama bila Anda mengetahui pasti kapabilitas dan kualitas hasil kerja Anda, ditambah pengalaman kerja yang ada. Meski tak semua profesi memungkinkan adanya negosiasi gaji, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai kesepakatan gaji yang Anda inginkan.

Bagaimana mendapatkan bayaran terbaik dari pekerjaan Anda? Berikut ini caranya menurut Robin Ryan penulis What to Do With the Rest of Your Life: America's Top Career Coach Shows You How to Find or Create the Job You'll Love. Fadhlyashary akan menyediakan sedikit tips atau Cara Sukses Negosiasi Gaji.

Cari tahu standar gaji

Bila pihak perusahaan sudah menyatakan Anda berhasil di tahap wawancara dan mulai menawarkan posisi yang Anda inginkan, cari tahu bagaimana standar gaji yang umumnya didapatkan profesi yang Anda incar. Tanyakan teman atau kenalan Anda yang memiliki posisi yang sama. Dengan begitu, Anda mendapat gambaran besarnya gaji yang layak didapatkan dan tak merugi saat negosiasi nanti.

Semua negosiasi gaji harus didasarkan pada fakta bukan asumsi. Anda harus mengetahui harga yang pantas untuk layanan yang diberikan Anda ke perusahaan. Caranya cari majalah bisnis di internet atau situs asosiasi jurnal untuk menemukan survei gaji dan data.


Tunggu waktu yang tepat

Meski posisi Anda sudah di "atas angin", jangan gegabah dalam menegosiasikan gaji. Tentukan waktu yang tepat untuk melakukannya. Mulailah bernegosiasi saat pihak perusahaan mulai menyebutkan besarnya gaji yang disediakan, lalu katakan berapa jumlah gaji yang Anda inginkan. Usahakan untuk tidak memulai duluan, karena dalam jenis negosiasi ini, ada kecenderungan yang memulai duluan akan kalah dalam "tawar-menawar".

Pergunakan waktu wawancara untuk menegaskan kembali nilai Anda bagi perusahaan. Gunakan juga contoh-contoh bukti dari pekerjaan masa lalu dimana Anda menjadi kontributor utama. Fokus pada pemenuhan kebutuhan Anda sebagai pekerja.


Perkirakan besaran gaji secara realistis
Buatlah patokan gaji yang tidak jauh melampaui angka yang ditawarkan perusahaan, namun juga tidak jauh di bawah angka yang Anda harapkan agar dapat diterima oleh perusahaan sekaligus sesuai dengan kualitas kerja yang Anda yakini telah dimiliki. Misalnya, bila rata-rata gaji profesi incaran Anda 5 juta, namun perusahaan hanya menawarkan 4,7 juta, tawarkan pada mereka Anda menginginkan lebih dari 5juta karena kelebihan dan skills Anda yang menguntungkan perusahaan.


Jangan sebutkan detail gaji sebelumnya
Anda harus berbicara rentang gaji sebelumnya tetapi tidak menjelaskan angkanya secara detail. Sebab perusahaan akan menilai tingkat keterampilan Anda dari nilai gaji terdahulu. Jadi lebih baik menahan diri menyebut angka.

Menghitung nilai Anda
Setelah penawaran dibuat, Anda harus menanyakan alasan dipekerjakan. Lalu mendengarkan dengan seksama dan berpusat pada argumen permintaan gaji serta menceritakan segala sesuatu seperti keterampilan yang pernah dipelajari. Fokus terus pada pemenuhan kebutuhan gaji dengan produktifitas kerja yang optimal

Lihat sejarah gaji
Perkiraan batasan besar gaji berdasarkan rata-rata gaji yang diterima selama ini. Selayaknya, pengalaman yang banyak akan menaikkan standar gaji Anda. Selain itu, jangan memberitahu sejarah gaji kepada calon pimpinan karena hal tersebut akan memberikan harga mati atas nilai kualitas Anda. Namun, bila memberitahu gaji sebelumnya adalah keharusan, keuntungan nya adalah Anda tidak akan dihargai dengan angka lebih rendah atau bahkan sama dengan tempat sebelumnya.

Gunakan pendekatan win-win solution
Harapan yang realistis dan kemauan untuk berkompromi memungkinkan kedua belah pihak mengakhiri negosiasi yang bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar